Eidetiker
  • 11572 dibaca
  • 239 menit
  • 44 dimasukkan ke Rak Buku
  • Umum
4.0

Eidetiker

Status Sudah Selesai
Ditulis oleh triskaidekaman
Diterbitkan 26 Sep 2016, 19:35:33 PM
Awalnya, Ezra Brinkan -- seorang ilmuwan optik yang brilian namun memiliki keterbatasan penglihatan -- hanya berniat membantu Ciaran Gram dalam proyek riset untuk merakit kamera dengan kecanggihan menyerupai mata manusia.
Namun, tiba-tiba proyek berubah haluan. Tahu-tahu saja Ciaran dan Kepler, ilmuwan yang selalu berseberangan dengannya, sudah terlibat dalam pengejaran dan pembunuhan para volspec - warga Charnell yang punya karakteristik mata spesial.
Sebelum semua bola mata terbaik Charnell hancur karena obsesi yang membutakan, Ezra harus memutuskan: Akankah ia tetap di pihak Ciaran, ataukah sebaiknya ia berbalik menikam Ciaran dari belakang?


[Catatan]
Per Maret 2017 (ongoing): Sedang proses rewriting offline dengan perubahan masif pada struktur dan plot kecil.
Per 22 April 2017: Sementara menunggu rewriting, kalian tetap bisa membaca 35 bab pertama (arc 1 dan 2). Arc 3 sedang ku-hidden.


1. Featured as StorialCo Editors Choice, 11 Oktober 2016.
2. Eidetiker: (Eng.) orang yang memiliki kemampuan mengingat suatu kejadian berupa gambaran yang jelas; meskipun sebelumnya baru melihat gambaran itu sesaat atau hanya beberapa kali; dengan akurasi yang tinggi, tanpa menggunakan alat bantu pengingat.
3. Rating R, genre scifi-suspense.
4. Ini adalah versi draf satu. Periode terbit di Storial: 27 September 2016 s/d 12 Januari 2017.
Bab (39)
Prolog 4 menit 566 dibaca 28 Jan 2017
[1.1] Halftone 7 menit 448 dibaca 26 Jan 2017
[1.2] Aversion 7 menit 263 dibaca 26 Jan 2017
[1.3] Vestiges 6 menit 268 dibaca 26 Jan 2017
[1.4] Immersed 9 menit 238 dibaca 26 Jan 2017
[1.5] Neatherd 8 menit 231 dibaca 26 Jan 2017
[1.6] Geranium 8 menit 208 dibaca 07 Mar 2017
[1.7] Arilloid 8 menit 219 dibaca 26 Jan 2017
[1.8] Nearness 10 menit 218 dibaca 26 Jan 2017
[1.9] Ennobled 9 menit 286 dibaca 26 Jan 2017
[1.10] Illusion 7 menit 217 dibaca 26 Jan 2017
[1.11] Deadlock 8 menit 189 dibaca 26 Jan 2017
[1.12] Eanlings 5 menit 203 dibaca 26 Jan 2017
[1.13] Tidemark 8 menit 213 dibaca 26 Jan 2017
[1.14] Inerrant 8 menit 204 dibaca 26 Jan 2017
[1.15] Cardcase 6 menit 169 dibaca 26 Jan 2017
[2.1] Miasmata 5 menit 229 dibaca 26 Jan 2017
[2.2] Enmities 6 menit 136 dibaca 26 Jan 2017
[2.3] Mobilize 6 menit 159 dibaca 26 Jan 2017
[2.4] Overzeal 5 menit 228 dibaca 26 Jan 2017
[2.5] Rarified 7 menit 200 dibaca 26 Jan 2017
[2.6] Yafforth 7 menit 190 dibaca 04 Feb 2017
[2.7] Irritant 8 menit 238 dibaca 26 Jan 2017
[2.8] Sneaking 7 menit 218 dibaca 28 Jan 2017
[2.9] Enneadic 7 menit 247 dibaca 26 Jan 2017
[2.10] Quotient 9 menit 210 dibaca 28 Jan 2017
[2.11] Unlawful 6 menit 245 dibaca 26 Jan 2017
[2.12] Anabolic 5 menit 175 dibaca 26 Jan 2017
[2.13] Lazurite 6 menit 188 dibaca 26 Jan 2017
[2.14] Aperture 7 menit 122 dibaca 26 Jan 2017
[2.15] Smirkier 6 menit 155 dibaca 26 Jan 2017
[2.16] Baseline 8 menit 160 dibaca 26 Jan 2017
[2.17] Enshrine 7 menit 145 dibaca 26 Jan 2017
[2.18] Ingather 6 menit 126 dibaca 26 Jan 2017
[2.19] Nurturer 6 menit 150 dibaca 01 Feb 2017
[2.20] Graffiti 6 menit 159 dibaca 26 Jan 2017
Epilog 2 menit 185 dibaca 26 Jan 2017
From Nothing to Something: Fun Facts about Eidetiker 6 menit 194 dibaca 29 Jan 2017
We Go to the Rubbish Bin: Daftar Skill Volspec yang Tidak Berguna 3 menit 87 dibaca 28 Mar 2017
Pengarang (1)
Ulasan (9)
Login untuk memberikan ulasan kepada buku ini
aditia26 Sep 2016, 19:39:54 PM
Penulis scifi/thriller favoritku di storial kembali dengan buku baru! 😍😍
triskaidekaman[Owner]26 Sep 2016, 19:45:12 PM
Gila, belum ada apa2 udah dikasih bintang sama si om.
aditia26 Sep 2016, 19:46:11 PM
Biar semangat hahaha...
aditia26 Sep 2016, 19:50:40 PM
Asiiik. Jadi enggak sabar nunggu chapter pertamanya!
siGitzz14 Jan 2017, 11:53:26 AM
Senang 'menyaksikan' buku ini tamat. Aku salah satu pembaca yang tidak hanya mengikuti setiap bab barunya, tetapi juga merasakan suka-duka Mamak Ezra di belakang layar. Eidetiker setahuku adalah novel [panjang] pertama Triskaidekaman yang berbentuk narasi. Sebelum-sebelumnya, Mamak Ezra terkenal dengan cerita-cerita berwujud epistolarinya. Untuk itu aku mengucapkan selamat atas pencapaian barunya! Tidak mudah menyeimbangkan cerita full narasi dengan panjang lebih dari 50ribu kata. Ada banyak rintangan membentang, dan aku bisa memaklumi itu. Terjadinya inkonsistensi juga tak terelakkan di cerita sepanjang ini, tapi inkonsistensi yang cukup mengganggu -meski sudah dijelaskan sama si penulis- terletak di kemunculan POV1 Ezra. Banyaknya tokoh yang muncul juga sedikit membingungkan. Terus juga...terlalu banyak kematian! Sebagai orang berhati lembut, aku agak remuk setiap kali ada satu tokoh lagi mati dengan cara mengenaskan. Aku lebih suka jika tokoh disiksa tapi tidak mati #sadis... tampilkan semua
siGitzz14 Jan 2017, 11:55:54 AM
Berikut rincian bintang yang kuberikan:
1 untuk ide ceritanya yang unik
1 untuk diksi yang kaya
1 untuk worldbuilding yang ciamik
1 untuk serba-serbi ajaib dari mulai penamaan judul dan cocoklogi angka-angkanya
1 untuk endingnya yang enggak main aman
-1 untuk inkonsistensi POV dan backstory tokoh utama (Ezra) yang kurang powerful (entah bahasa mana ini).

Sekian reviu eike.

With love,
@akaigita
siGitzz14 Jan 2017, 11:57:16 AM
Yah, udah keburu dikomen sebelum reviunya kelar ditulis
triskaidekaman[Owner]14 Jan 2017, 11:59:00 AM
Udah dihapus.

Thank you bung! Keanehan dan inkonsistensinya akan kubenerin. Di versi rewriting. Yang tidak akan dimu....
Ga jadi.
siGitzz14 Jan 2017, 19:20:31 PM
Haha, sip sip, udah tau kok 😆😆
Metta Diana12 Oct 2016, 11:48:50 AM
ei... aku juga pernah kepikiran tentang kamera yg tangkapannya kaya mata manusia
triskaidekaman[Owner]12 Oct 2016, 14:04:37 PM
Hai Metta. Haha iya, ini cm ide sekunder hasil ramuan dari berbagai inspirasi. Semoga suka ya, ditunggu jg review akhirnya nanti.
Metta Diana12 Oct 2016, 16:41:27 PM
Hai Mba Henny, bener ya?
Yang aku pikirin juga hasil kecewa sama gambar2 di kamera dan pengen supaya nantinya beneran ada kamera visual mata hahaha..
Iya, ditunggu kelanjutan chapternya :)
triskaidekaman[Owner]12 Oct 2016, 16:48:01 PM
Siap Metta!
Melia Mex12 Oct 2016, 20:45:12 PM
wah.. duluuu banget sempet mau bikin novel ttg eidetiker, tp genrenya drama.
ini sci-fi ya? bkn genre favorit, sih.. tp ntar cb baca, deh.. hehe..
triskaidekaman[Owner]12 Oct 2016, 22:06:32 PM
Iya, scifi thriller.
Enjoy...
narazwei20 Jan 2017, 09:26:11 AM
Salah satu thriller science fiction yg keren di Storial! Buat pecinta sains fiksi, suspense, thriller, dystopian themes, kalian rugi kalau ke Storial tp blm baca Eidetiker! Begitu membaca, kita akan diceburkan langsung dlm sibuknya dunia perebutan bola mata. Buat pembaca yg suka dibuat mikir keras, enggak masalah dg berbagai macam istilah teknis bertebaran, serta suka baca fiksi berisi pertentangan politis, langsung deh subscribe Eidetiker! Enggak tanggung-tanggung, semua hal itu disisipkan dlm novel ini (baik scr lembut maupun kasar). Kekurangan di novel ini: potongan2 scenenya yg membuat kesan loncat2, jg ada perpindahan POV yg lumayan tdk karuan di akhir. Tp kalau kalian ga mslh dg itu, maka tulisan triskaidekaman yg satu ini pasti bakal kalian nikmati!... tampilkan semua
narazwei20 Jan 2017, 09:26:34 AM
Aku selalu ksh 5 bintang untuk novel bercerita bagus yg sudah selesai, krn menyelesaikan tulisan itu sangat susah~ jadi, lima bintang buatmu, Hen! Selamat, sdh menamatkan Eidetiker! Selamat, sdh berhasil menyelesaikan tulisan yg lepas dr zona amanmu!
triskaidekaman[Owner]20 Jan 2017, 11:40:12 AM

What an unexpected, Nara. Aku tadi menduga kamu bakal ngebantai bintang habis2an, karena aku udah tahu betapa banyaknya kekurangan dari buku ini.

POV berantakan di 3.11, 3.13, 3.14, dan entah bab mana lagi, akan dijadiin pertimbangan buat rewriting. Thanks a lot for the stars, Nara. Masih berasa exhausted-nya btw. Hahaha!
narazwei20 Jan 2017, 12:57:38 PM
Oh, enggak lah. Aku biasa ksh 1 bintang cm buat ksh tau kalau ada kesalahan teknis. 2 kalau jelek baik scr teknis maupun logika. 3 kalau lumayan. 4 kalau ide ceritanya menarik dan penggarapannya jg apik. Maksimal itu. Satu bintang lg kalau sdh tamat. 😁 ga mungkin ngebantai kamu di bintang. Kan udah ngomen di dalem buku. Hahahha