Eidetiker
  • 16751 dibaca
  • 380 menit
  • 52 dimasukkan ke Rak Buku
  • Umum
4.0

Eidetiker

Status Sudah Selesai
Ditulis oleh triskaidekaman
Diterbitkan 26 Sep 2016, 19:35:33 PM
Awalnya, Ezra Brinkan -- seorang ilmuwan optik yang brilian namun memiliki keterbatasan penglihatan -- hanya berniat membantu Ciaran Gram dalam proyek riset untuk merakit kamera dengan kecanggihan menyerupai mata manusia.
Namun, tiba-tiba proyek berubah haluan. Tahu-tahu saja Ciaran dan Kepler, ilmuwan yang selalu berseberangan dengannya, sudah terlibat dalam pengejaran dan pembunuhan para volspec - warga Charnell yang punya karakteristik mata spesial.
Sebelum semua bola mata terbaik Charnell hancur karena obsesi yang membutakan, Ezra harus memutuskan: Akankah ia tetap di pihak Ciaran, ataukah sebaiknya ia berbalik menikam Ciaran dari belakang?


[Progress]
Per Maret 2017 (ongoing): Sedang dalam proses pengendapan/rewriting luring.

[Catatan dan Penafian]
1. Featured as StorialCo Editors Choice, 11 Oktober 2016.
2. Eidetiker: (Eng.) orang yang memiliki kemampuan mengingat suatu kejadian berupa gambaran yang jelas; meskipun sebelumnya baru melihat gambaran itu sesaat atau hanya beberapa kali; dengan akurasi yang tinggi, tanpa menggunakan alat bantu pengingat.
3. Rating R, genre scifi-suspense.
4. Ini adalah versi draf satu. Periode terbit di Storial: 27 September 2016 s/d 12 Januari 2017.
Bab (59)
Prolog 4 menit 763 dibaca 28 Jan 2017
[1.1] Halftone 7 menit 621 dibaca 26 Jan 2017
[1.2] Aversion 7 menit 328 dibaca 26 Jan 2017
[1.3] Vestiges 6 menit 427 dibaca 26 Jan 2017
[1.4] Immersed 9 menit 398 dibaca 26 Jan 2017
[1.5] Neatherd 8 menit 381 dibaca 26 Jan 2017
[1.6] Geranium 8 menit 261 dibaca 07 Mar 2017
[1.7] Arilloid 8 menit 370 dibaca 26 Jan 2017
[1.8] Nearness 10 menit 371 dibaca 26 Jan 2017
[1.9] Ennobled 9 menit 437 dibaca 26 Jan 2017
[1.10] Illusion 7 menit 370 dibaca 26 Jan 2017
[1.11] Deadlock 8 menit 327 dibaca 26 Jan 2017
[1.12] Eanlings 5 menit 337 dibaca 26 Jan 2017
[1.13] Tidemark 8 menit 363 dibaca 26 Jan 2017
[1.14] Inerrant 8 menit 255 dibaca 26 Jan 2017
[1.15] Cardcase 6 menit 213 dibaca 26 Jan 2017
[2.1] Miasmata 5 menit 313 dibaca 26 Jan 2017
[2.2] Enmities 6 menit 179 dibaca 26 Jan 2017
[2.3] Mobilize 6 menit 195 dibaca 26 Jan 2017
[2.4] Overzeal 5 menit 372 dibaca 26 Jan 2017
[2.5] Rarified 7 menit 333 dibaca 26 Jan 2017
[2.6] Yafforth 7 menit 329 dibaca 04 Feb 2017
[2.7] Irritant 8 menit 391 dibaca 26 Jan 2017
[2.8] Sneaking 7 menit 350 dibaca 28 Jan 2017
[2.9] Enneadic 7 menit 361 dibaca 26 Jan 2017
[2.10] Quotient 9 menit 284 dibaca 28 Jan 2017
[2.11] Unlawful 6 menit 400 dibaca 26 Jan 2017
[2.12] Anabolic 5 menit 320 dibaca 26 Jan 2017
[2.13] Lazurite 6 menit 340 dibaca 26 Jan 2017
[2.14] Aperture 7 menit 183 dibaca 26 Jan 2017
[2.15] Smirkier 6 menit 198 dibaca 26 Jan 2017
[2.16] Baseline 8 menit 313 dibaca 26 Jan 2017
[2.17] Enshrine 7 menit 199 dibaca 26 Jan 2017
[2.18] Ingather 6 menit 186 dibaca 26 Jan 2017
[2.19] Nurturer 6 menit 273 dibaca 01 Feb 2017
[2.20] Graffiti 6 menit 292 dibaca 26 Jan 2017
[3.1] Armament 6 menit 221 dibaca 26 Jan 2017
[3.2] Vibrance 5 menit 174 dibaca 26 Jan 2017
[3.3] Oarlocks 7 menit 152 dibaca 26 Jan 2017
[3.4] Laitance 6 menit 160 dibaca 26 Jan 2017
[3.5] Sonorous 8 menit 184 dibaca 26 Jan 2017
[3.6] Pokiness 5 menit 171 dibaca 26 Jan 2017
[3.7] Epaulets 8 menit 165 dibaca 26 Jan 2017
[3.8] Conclude 7 menit 166 dibaca 26 Jan 2017
[3.9] Imparity 7 menit 160 dibaca 26 Jan 2017
[3.10] Analogue 10 menit 151 dibaca 26 Jan 2017
[3.11] Nutshell 9 menit 164 dibaca 26 Jan 2017
[3.12] Khalifah 13 menit 206 dibaca 01 Jul 2017
[3.13] Engirdle 8 menit 159 dibaca 26 Jan 2017
[3.14] Probandi 8 menit 165 dibaca 26 Jan 2017
[3.15] Lentando 11 menit 162 dibaca 26 Jan 2017
[3.16] Edifiers 7 menit 172 dibaca 26 Jan 2017
[3.17] Realized 10 menit 174 dibaca 26 Jan 2017
[3.18] ?+@,*:"2 11 menit 165 dibaca 04 Feb 2017
Epilog 2 menit 234 dibaca 26 Jan 2017
What Ezra Didn't Tell You: Missing Pieces 7 menit 154 dibaca 26 Jan 2017
If I Didn't Change It: The Other Epilog 5 menit 130 dibaca 26 Jan 2017
[Extra] Frighten 2 menit 36 dibaca 23 Feb 2017
We Go to the Rubbish Bin: Daftar Skill Volspec yang Tidak Berguna 3 menit 150 dibaca 28 Mar 2017
Pengarang (1)
Ulasan (9)
Login untuk memberikan ulasan kepada buku ini
aditia26 Sep 2016, 19:39:54 PM
Penulis scifi/thriller favoritku di storial kembali dengan buku baru! 😍😍
triskaidekaman[Owner]26 Sep 2016, 19:45:12 PM
Gila, belum ada apa2 udah dikasih bintang sama si om.
aditia26 Sep 2016, 19:46:11 PM
Biar semangat hahaha...
aditia26 Sep 2016, 19:50:40 PM
Asiiik. Jadi enggak sabar nunggu chapter pertamanya!
Akaigita14 Jan 2017, 11:53:26 AM
Senang 'menyaksikan' buku ini tamat. Aku salah satu pembaca yang tidak hanya mengikuti setiap bab barunya, tetapi juga merasakan suka-duka Mamak Ezra di belakang layar. Eidetiker setahuku adalah novel [panjang] pertama Triskaidekaman yang berbentuk narasi. Sebelum-sebelumnya, Mamak Ezra terkenal dengan cerita-cerita berwujud epistolarinya. Untuk itu aku mengucapkan selamat atas pencapaian barunya! Tidak mudah menyeimbangkan cerita full narasi dengan panjang lebih dari 50ribu kata. Ada banyak rintangan membentang, dan aku bisa memaklumi itu. Terjadinya inkonsistensi juga tak terelakkan di cerita sepanjang ini, tapi inkonsistensi yang cukup mengganggu -meski sudah dijelaskan sama si penulis- terletak di kemunculan POV1 Ezra. Banyaknya tokoh yang muncul juga sedikit membingungkan. Terus juga...terlalu banyak kematian! Sebagai orang berhati lembut, aku agak remuk setiap kali ada satu tokoh lagi mati dengan cara mengenaskan. Aku lebih suka jika tokoh disiksa tapi tidak mati #sadis... tampilkan semua
Akaigita14 Jan 2017, 11:55:54 AM
Berikut rincian bintang yang kuberikan:
1 untuk ide ceritanya yang unik
1 untuk diksi yang kaya
1 untuk worldbuilding yang ciamik
1 untuk serba-serbi ajaib dari mulai penamaan judul dan cocoklogi angka-angkanya
1 untuk endingnya yang enggak main aman
-1 untuk inkonsistensi POV dan backstory tokoh utama (Ezra) yang kurang powerful (entah bahasa mana ini).

Sekian reviu eike.

With love,
@akaigita
Akaigita14 Jan 2017, 11:57:16 AM
Yah, udah keburu dikomen sebelum reviunya kelar ditulis
triskaidekaman[Owner]14 Jan 2017, 11:59:00 AM
Udah dihapus.

Thank you bung! Keanehan dan inkonsistensinya akan kubenerin. Di versi rewriting. Yang tidak akan dimu....
Ga jadi.
Akaigita14 Jan 2017, 19:20:31 PM
Haha, sip sip, udah tau kok 😆😆
Metta Diana12 Oct 2016, 11:48:50 AM
ei... aku juga pernah kepikiran tentang kamera yg tangkapannya kaya mata manusia
triskaidekaman[Owner]12 Oct 2016, 14:04:37 PM
Hai Metta. Haha iya, ini cm ide sekunder hasil ramuan dari berbagai inspirasi. Semoga suka ya, ditunggu jg review akhirnya nanti.
Metta Diana12 Oct 2016, 16:41:27 PM
Hai Mba Henny, bener ya?
Yang aku pikirin juga hasil kecewa sama gambar2 di kamera dan pengen supaya nantinya beneran ada kamera visual mata hahaha..
Iya, ditunggu kelanjutan chapternya :)
triskaidekaman[Owner]12 Oct 2016, 16:48:01 PM
Siap Metta!
Melia Mex12 Oct 2016, 20:45:12 PM
wah.. duluuu banget sempet mau bikin novel ttg eidetiker, tp genrenya drama.
ini sci-fi ya? bkn genre favorit, sih.. tp ntar cb baca, deh.. hehe..
triskaidekaman[Owner]12 Oct 2016, 22:06:32 PM
Iya, scifi thriller.
Enjoy...
narazwei20 Jan 2017, 09:26:11 AM
Salah satu thriller science fiction yg keren di Storial! Buat pecinta sains fiksi, suspense, thriller, dystopian themes, kalian rugi kalau ke Storial tp blm baca Eidetiker! Begitu membaca, kita akan diceburkan langsung dlm sibuknya dunia perebutan bola mata. Buat pembaca yg suka dibuat mikir keras, enggak masalah dg berbagai macam istilah teknis bertebaran, serta suka baca fiksi berisi pertentangan politis, langsung deh subscribe Eidetiker! Enggak tanggung-tanggung, semua hal itu disisipkan dlm novel ini (baik scr lembut maupun kasar). Kekurangan di novel ini: potongan2 scenenya yg membuat kesan loncat2, jg ada perpindahan POV yg lumayan tdk karuan di akhir. Tp kalau kalian ga mslh dg itu, maka tulisan triskaidekaman yg satu ini pasti bakal kalian nikmati!... tampilkan semua
narazwei20 Jan 2017, 09:26:34 AM
Aku selalu ksh 5 bintang untuk novel bercerita bagus yg sudah selesai, krn menyelesaikan tulisan itu sangat susah~ jadi, lima bintang buatmu, Hen! Selamat, sdh menamatkan Eidetiker! Selamat, sdh berhasil menyelesaikan tulisan yg lepas dr zona amanmu!
triskaidekaman[Owner]20 Jan 2017, 11:40:12 AM

What an unexpected, Nara. Aku tadi menduga kamu bakal ngebantai bintang habis2an, karena aku udah tahu betapa banyaknya kekurangan dari buku ini.

POV berantakan di 3.11, 3.13, 3.14, dan entah bab mana lagi, akan dijadiin pertimbangan buat rewriting. Thanks a lot for the stars, Nara. Masih berasa exhausted-nya btw. Hahaha!
narazwei20 Jan 2017, 12:57:38 PM
Oh, enggak lah. Aku biasa ksh 1 bintang cm buat ksh tau kalau ada kesalahan teknis. 2 kalau jelek baik scr teknis maupun logika. 3 kalau lumayan. 4 kalau ide ceritanya menarik dan penggarapannya jg apik. Maksimal itu. Satu bintang lg kalau sdh tamat. 😁 ga mungkin ngebantai kamu di bintang. Kan udah ngomen di dalem buku. Hahahha