Sadirah
  • 6701 dibaca
  • 131 menit
  • 71 dimasukkan ke Rak Buku
  • Umum
4.9

Sadirah

Status Masih Berlanjut
Kategori BNNS
Ditulis oleh johanesjonaz
Diterbitkan 01 Nov 2017, 10:10:13 AM
Novel ini dibuat untuk mengikuti proyek Bulan Nulis Novel Storial 2017 #BNNS2017


Cerita ini berkisah tentang seorang gadis bernama Sadirah, anak seorang warok yang bernama Wongso Ngadiman. Cinta masa kecilnya pada Ismangil harus kandas ketika bapaknya menyerahkan dirinya kepada Tuan Murray, seorang lelaki Belanda yang menginginkan Sadirah menjadi gundiknya.

DI tempat asalnya, Mruwak,, apa pun yang berbau Belanda adalah haram. Sadirah, dengan menjadi seorang nyai, telah mencemari Mruwak yang terkenal lantang melawan Belanda. Dengan berbagai cara, Sadirah membantu orang-orang Mruwak yang dicintainya, meskipun harus memberikan miliknya yang paling berharga.




Twitter: @johanesjonaz
IG: johanesjonaz
Email: johanes.jonaz@yahoo.com
Bab (16)
Cintaku Kepada Mruwak 9 menit 981 dibaca 14 Nov 2017
Nyai Prambon, Sang Guru - Part 1 8 menit 776 dibaca 13 Nov 2017
Nyai Prambon, Sang Guru - part 2 7 menit 648 dibaca 03 Nov 2017
Wongso Ngadiman - Part 1 6 menit 595 dibaca 07 Nov 2017
Wongso Ngadiman - Part 2 8 menit 504 dibaca 04 Nov 2017
Janji Tepi Kali - Part 1 7 menit 492 dibaca 13 Nov 2017
Janji Tepi Kali - Part 2 8 menit 426 dibaca 07 Nov 2017
Janji Tepi Kali - Part 3 8 menit 381 dibaca 08 Nov 2017
Ancaman Tuan Murray 12 menit 330 dibaca 10 Nov 2017
Dalang Yang Kekurangan Wayang 12 menit 283 dibaca 16 Nov 2017
Mruwak Abang 13 menit 282 dibaca 14 Nov 2017
Merak Menipu Musang 13 menit 253 dibaca 14 Nov 2017
Malapetaka Untuk Mruwak - Part 1 6 menit 244 dibaca 14 Nov 2017
Malapetaka Untuk Mruwak - Part 2 5 menit 185 dibaca 16 Nov 2017
Malapetaka Untuk Mruwak - Part 3 4 menit 151 dibaca 16 Nov 2017
Sang Dalang 12 menit 167 dibaca 19 jam yang lalu
Pengarang (1)
Ulasan (17)
Login untuk memberikan ulasan kepada buku ini
Sartika Paradina05 Nov 2017, 06:34:50 AM
Vintage lokalnya kerasa banget!
johanesjonaz[Owner]05 Nov 2017, 15:00:54 PM
Hai YouuKey, terima kasih atas apresiasinya. Semoga up and up terus ya!
Sartika Paradina05 Nov 2017, 15:04:42 PM
Makasih kak Jonaz ^^ Semoga kak Jonaz juga makin mantep up-nya!
johanesjonaz[Owner]05 Nov 2017, 15:08:17 PM
amin! Maaf belum bisa baca karyamu ya, tapi pasti kubaca nanti. Dan kuberi saran-saran untuk mempermanis, sebelum dedlen biar tulisanmu makin kece dan peluang untuk menang bertambah.
Sartika Paradina05 Nov 2017, 15:17:10 PM
Uwaaaahhh makasih banyak kak! XDD
Linda Setiawan07 Nov 2017, 21:39:05 PM
Cerita yang ditulis Mas Johanes ikut menambah pengetahuan saya tentang budaya di masyarakat pada masa lalu. Walau cerita bersetting masa lampau, tetapi tetap asyik dinikmati dan sukses menghanyutkan imaji pembaca.
johanesjonaz[Owner]07 Nov 2017, 21:57:31 PM
Makasih, Mbak Linda. Berkat Mbak Linda saya belajar banyak memperbaiki kaidah menulis saya. Salam :)
Akaigita06 Nov 2017, 21:40:36 PM
Cerita berlatar belakang tanah air kita sebelum kemerdekaan, terasa sangat membumi dan autentik. Dan... enggak ada satu kata pun yang patut dilewati karena narasinya sangat apik. Seperti buku dongeng yang menuntut untuk membacanya pelan-pelan kemudian terhanyut.

Sukses, Mas Jo
johanesjonaz[Owner]06 Nov 2017, 21:41:19 PM
Giiiit! Sini peluk :)
Akaigita06 Nov 2017, 21:46:21 PM
aditia15 Nov 2017, 18:21:48 PM
Sadirah, Oh, Sadirah. Sejak Jonaz menelurkan Kembang Kawisari, aku sudah berfirasat suatu hari dia akan melahirkan sebuah cerita bertema serupa. Kembang Kawisari bukanlah akhir eksplorasinya terhadap masa terdahulu yang dekat sekaligus asing. Dia kembali lagi bersama Sadirah. Pada Sadirah, Jonaz kembali dengan seorang protagonis perempuan yang tangguh. Setiap detailnya hidup, setting masa lampaunya disajikan dengan baik. Semua diungkapkan lewat tulisan yang indah dan dalam. Mengikuti kisah hidup Sadirah adalah petualangan yang memberikan kesan istimewa.... tampilkan semua
johanesjonaz[Owner]16 Nov 2017, 08:02:13 AM
Ah, Adit! Ratu romanceku! Sini peluuuuk.
aditia16 Nov 2017, 10:49:27 AM
beliin aku es krim ajaaaa, semangkok besaaaar
johanesjonaz[Owner]16 Nov 2017, 14:16:05 PM
jangankan es krim semangkuk besar ... hatiku yang seluas samudra ini akan kuberikan kalau kamu yang mintak! Ahak!
aditia16 Nov 2017, 14:29:42 PM
jangan gombal, tak minta beneran, tahu rasa kamuuu

hghghghg
johanesjonaz[Owner]16 Nov 2017, 14:46:52 PM
nih.. #sodorin hati..
Aku ga gombal kok...
aditia16 Nov 2017, 14:47:26 PM
hatinya mau dimasak jadi apa, kang?
aditia16 Nov 2017, 14:47:37 PM
kok kang ya, harusnya kakanda
johanesjonaz[Owner]16 Nov 2017, 14:54:26 PM
sambal goreng enak itu...

serasa diriku Situmang
Luthfi Izzaty07 Nov 2017, 15:24:33 PM
Kesukaanku adalah nuansa lokal yang digambarkan masjo ini detil dan itu bikin aku inget sama desa2 di kampung halamanku hehehe. Waktu main di sawah, ngejar layangan, nyebur waduk, dll. Bener² indah jd anak kampung tuh ya :")
Soal cerita, juara laaah!! Risetnya pasti gila²an inimah !!! Maju teruus masjoo !!! Menangkan!!!
johanesjonaz[Owner]07 Nov 2017, 15:54:20 PM
Luthfi, makasih bintangnya! Peluk :)